Rabu, 13 Januari 2016

HIKMAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW BAGI RUTAN SITUBONDO


Situbondo (08/1) Bertempat di Aula Rutan Situbondo, telah diselenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, hal ini dilaksanakan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pegawai (Capacity Building) dan pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan. Dengan mengambil tema “RASULULLAH SEBAGAI SURI TAULADAN, KITA TINGKATKAN BER-AKHLAKULKARIMAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI” Acara ini diikuti oleh Pegawai Rutan Situbondo dan Seluruh WBP Rutan Situbondo, serta beberapa tamu undangan yang diantaranya adalah Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo beserta jajaran dan Pembimbing Rohani Islam dari Ponpes Wali Songo. hadir sebagai penceramah Ustad Rif’an Junaidi untuk memberikan tausyiah. 
Pada kesempatan tersebut Karutan Situbondo, Eka Priyatna Bc.IP,S.Sos,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa hendaknya hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita, karena peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati oleh umat muslim diseluruh dunia. Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin umat yang sudah ditunjuk Allah sebagai penutup para Rosul/Rohmatan Lil Alamin untuk membawa misi menyempurnakan akhlak manusia sekaligus menjadi contoh suri tauladan kepada semua umat Islam, Apabila kita ingin menjadi manusia baik contoh dan teladanilah akhlak Nabi Muhammad SAW.
Ustad Rif’an Junaidi dalam uraian hikmah Maulid diantaranya mengajak para jamaah untuk meneladani sifat – sifat Rasulullah SAW serta keteladanan orang – orang yang baik disekitar kita, lebih lanjut disampaikan bahwa Arti makna dan hikmah maulid nabi besar Muhammad saw menjadi penting untuk dikaji, ditelaah dan diselami agar perayaan dan tradisi untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad tidak sebatas pada seremonial belaka, akan tetapi perayaan itu mestinya diresapi dalam hati yang begitu dalam dan mencoba untuk meneladani dan mempraktikkan akhlak mulia dari nabi. Dengan adanya Peringatan maulid, manusia atau umat Muslim diharapkan bisa tergugah kembali untuk selalu berikhtiar secara konstan dalam meneladani dan mengamalkan ajaran-ajaran serta akhlak Nabi Muhammad Saw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar